Yayasan Giat Aksi Sejahtera

Logo gas PNG

8 Jalan Rezeki Di Dalam Al-Quran

Rezeki merupakan salah satu topik penting dalam kehidupan manusia. Kita semua pasti membutuhkan rejeki untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Allah SWT sebagai Pemilik Segala-galanya memberikan berbagai jalan untuk mendapatkan rezeki yang halal dan berkah, termasuk dalam Al-Quran. Berikut adalah 8 jalan rezeki dari Allah di dalam Al-Quran:

Mengerjakan amal sholeh

Firman Allah SWT dalam Al-Quran surat al-Isra ayat 19 “Dan barang siapa yang menginginkan (kejayaan) akhirat dan berusaha untuk mencapainya dengan sungguh-sungguh, sedangkan ia beriman, maka (untuk menafkahi hidupnya, Allah) akan menambahkan rezeki kepadanya dan barang siapa yang menginginkan dunia (saja) dan memperolehinya dengan berbuat dosa, maka (untuk menafkahi hidupnya) tidak akan Kami berikan kepadanya sebagianpun dari rezeki itu dan ia tidak akan termasuk dalam golongan orang-orang yang berbakti (kepada Allah)”.

Taqwa kepada Allah

Firman Allah SWT dalam Al-Quran surat at-Thalaq ayat 2-3, “Dan barangsiapa yang bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar, dan memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangkanya. Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yang (dikehendaki)Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu”.

Berdoa

Firman Allah SWT dalam Al-Quran surat ar-Ruum ayat 39, “Maka apa saja yang kamu berikan itu, niscaya Allahlah yang akan menggantinya. Dan Dia-lah Pemberi rezeki yang sebaik-baiknya”. Bersamaan dengan itu, kita harus selalu berdoa kepada Allah SWT memohon rezeki yang halal dan barokah. Karena dengan doa, hati kita akan selalu tenang dan di beri kemudahan dalam menghadapi segala macam kesulitan dalam mencari rezeki.

Bekerja keras

Firman Allah SWT dalam Al-Quran surat al-Qasas ayat 77, “Dan carilah pada apa yang telah di anugerahkan Allah kepadamu (kesempatan) untuk mendapat bagian akhirat, dan janganlah kamu lupakan bahagianmu dari (kenikmatan) duniawi. Dan berbuat baiklah (kepada orang lain) sebagaimana Allah telah berbuat baik kepadamu. Dan janganlah kamu berbuat kerusakan di muka bumi. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berbuat kerusakan”.

Memperbanyak sedekah

Firman Allah SWT dalam Al-Quran surat al-Baqarah ayat 261, “Perumpamaan orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) Maha Mengetahui”. Memberikan sedekah tidak hanya menyucikan harta, tetapi juga meningkatkan keberkahan dan keberlimpahan rizki dari Allah.

Rela dengan rezeki yang sudah ada

Firman Allah SWT dalam Al-Quran surat al-Baqarah ayat 155, “Dan sesungguhnya Kami akan menguji kamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan sampaikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar”. Dalam menghadapi cobaan kekurangan penghasilan atau rezeki, kita harus tetap bersabar dan mengambil hikmah dari setiap situasi. Kita harus mempertanyakan diri sendiri apakah sudah cukup mensyukuri rezeki yang Allah berikan?

Berusaha dengan jujur

Firman Allah SWT dalam Al-Quran surat al-Hijr ayat 22, “Dan Kami tidak menurunkan siksa itu kecuali kepada masyarakat yang kaya lagi membangkang”. Oleh karena itu, kita harus selalu berusaha mendapatkan rezeki dengan cara-cara yang halal dan jujur. Jangan pernah meminta atau mencari rezeki dengan cara menipu atau merugikan orang lain.

Bersyukur atas rezeki yang sudah di berikan

Firman Allah SWT dalam Al-Quran surat an-Naml ayat 40, “Sesungguhnya Kami qod aatinaa Sulaimaana waqonan ‘alimaa wa kulluslim mawliidainaa wa kunnaa haazirin”. Allah melalui Al-Quran selalu mengingatkan kita untuk selalu bersyukur atas segala nikmat dan rezeki yang telah di berikan-Nya. Dengan mengucapkan rasa syukur, Allah akan memberikan keberkahan dan kelimpahan rezeki kepada kita.

Itulah 8 jalan rezeki dari Allah di dalam Al-Quran yang harus di pahami dan di amalkan oleh setiap muslim. Seseorang yang mengikuti jalan-jalan ini dengan ikhlas dan benar, pasti akan di berikan rejeki yang halal dan berkah oleh Allah SWT. Kita harus yakin bahwa setiap rezeki yang kita dapatkan adalah anugerah dari-Nya dan harus kita kelola dengan baik. Semoga kita semua selalu di berikan rezeki yang halal dan barokah oleh Allah SWT. Aamiin ya Rabbal ‘Alamin. [tha]

Baca artikel menarik lainnya Giat Aksi Sejahtra di https://gas.or.id/newsartikel/

Artikel Lainnya