Yayasan Giat Aksi Sejahtera

Logo gas PNG

Bakti Anak Kepada Kedua Orang Tua

Oleh : Majelis Dakwah Giat Aksi Sejahtera

وَوَصَّيْنَا ٱلْإِنسَٰنَ بِوَٰلِدَيْهِ حَمَلَتْهُ أُمُّهُۥ وَهْنًا عَلَىٰ وَهْنٍ وَفِصَٰلُهُۥ فِى عَامَيْنِ أَنِ ٱشْكُرْ لِى وَلِوَٰلِدَيْكَ إِلَىَّ ٱلْمَصِيرُ

Artinya: “Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) terhadap kedua orang tuanya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah, bahkan menyusukan pula selama kurang lebih 2 tahun. Maka dari itu bersyukurlah kepada-Ku dan kepada kedua orang tuamu, hanya kepada-Ku sajalah tempat kamu kembali”. (Q.S. Luqman [31]: 15)

Adanya kita didunia adanya Peran pentingnya kedua orang tua kita sebagaimana firman Allah SWT dalam Sarah Q.S Luqman 32:15) perintah Allah SWT kepada manusia berbakti kepada kedua orang tua, didalam firman Allah ditegaskan pula bakti kita Anak kepada ibu yang telah mengandungnya pada umumnya 9 bulan dimana masa mengandung tersebut sangatlah berat tantangannya nyawapun dipertaruhkan, lahirpun seorang ibu pun dengan tugas mulianya Masih menyusui hingga pada umumnya 2 tahun. dilaluinya dengan Ikhlas dan merawat anaknya dengan sepenuh hati dan merawatnya hingga dewasa, bagitupun seorang ayah dengan bekerja Siang malam demi mencari nafkah untuk menghidupi keluarga istri dan buah hatinya yang tercinta tampa dirasa suka duka laranya dama mencari nafkah tersebut.

Tiada Sukses seorang anak tanpa peran orang tua, jadi sudah kewajiban seorang anak berbakti kepada kedua orang tuanya hilangkan rasa merasa sudah bisa sendiri. seorang anak tidak akan berate tanga adanya kerja keras dari didalam kandungan hingga dewasa kasih sayang orang tua tak persah surut, bahkan terkadang dengan kenakalan seorang anak namun kasih sayang orang tua tetap kepada anaknya.

وَوَصَّيْنَا ٱلْإِنسَٰنَ بِوَٰلِدَيْهِ إِحْسَٰنًا

Artinya: “Kami perintahkan kepada manusia supaya berbuat baik kepada dua orang ibu bapaknya”. (Q.S. Al-Ahqaf [46]: 15)

Dengan firmaan Allah SWT, Sudah menjadi kewajiban seorang anak berbakti kepada kedua orang tua walaupun orang tua tidak pernah meminta balas jasa selama merawat seorang ana hingga dewasa. dengan bakti kepada orang tua pintu – pintu berkah terbuka.

Berbakti kepada orangtua menjadi sebab datangnya kebaikan-kebaikan seperti dilancarkannya rezeki yang berkah, diangkatnya musibah, dimudahkan setiap urusan, hilangnya masalah dan kesedihan serta dipanjangkan umurnya.

Anas bin Malik Raḍiallāhu ‘Anhu meriwayatkan hadis bahwa Rasulullah Ṣallallāhu ‘Alaihi Wa Sallam bersabda:

مَنْ أَحَبَّ أَنْ يُمَدَّ لَهُ فِي عُمْرِهِ وَأَنْ يُزَادَ لَهُ فِي رِزْقِهِ فَلْيَبَرَّ وَالِدَيْهِ وَلْيَصِلْ رَحِمَهُ

“Siapa yang suka dipanjangkan umurnya dan ditambahkan rezekinya, maka berbaktilah kepada orangtuanya dan jalinlah hubungan dengan kerabatnya (silaturahim).” (HR. Ahmad: 3-229)

Diantara jalan untuk mendapatkan Jannah Allah Subḥānahu Wa Ta’ālā adalah dengan berbakti kepada orangtua. Orangtua merupakan pintu surga, yang jika ingin memasukinya maka berbaktilah kepada orangtua dan jika enggan maka sia-siakanlah mereka.

Artikel Lainnya