Yayasan Giat Aksi Sejahtera

Logo gas PNG
Berdzikir

Dalil Perintah Berdzikir

Dalil Perintah Berdzikir – Dzikir adalah salah satu ibadah yang sangat dicintai oleh Allah SWT. Dzikir berarti menyebut dan mengingat Allah SWT dengan lisan, hati, dan perbuatan. Dengan berdzikir, kita dapat merasakan ketenangan, kebahagiaan, dan kedekatan dengan Allah SWT. Dzikir juga merupakan cara untuk mengucapkan syukur, memohon ampun, dan meminta pertolongan kepada Allah SWT.

Allah SWT telah memerintahkan kita untuk berdzikir sebanyak-banyaknya dalam Al-Qur’an. Berikut ini adalah beberapa ayat yang menunjukkan perintah berdzikir:

  • “Maka ingatlah Aku, Aku akan ingat (pula) kepadamu, dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari (nikmat)-Ku.” (QS. Al-Baqarah: 152)
  • “Hai orang-orang yang beriman, berdzikirlah (dengan menyebut nama) Allah, dzikir yang sebanyak-banyaknya. Dan bertasbihlah kepada-Nya di waktu pagi dan petang.” (QS. Al-Ahzab: 41-42)
  • “Laki-laki dan perempuan yang banyak menyebut (nama) Allah, Allah telah menyediakan untuk mereka ampunan dan pahala yang besar.” (QS. Al-Ahzab: 35)
  • “Maka bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu dan jadilah kamu di antara orang-orang yang bersujud (shalat).” (QS. Al-Hijr: 98)
  • “Orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri, duduk, dan dalam keadaan berbaring.” (QS. Ali Imran: 191)

Selain dari Al-Qur’an, Rasulullah SAW juga telah memberikan contoh dan anjuran untuk berdzikir dalam hadits-haditsnya. Berikut ini adalah beberapa hadits yang menunjukkan keutamaan dan manfaat berdzikir:

  • Dari Abu Hurairah dan Abu Sa’id radhiyallahu ‘anhuma, mereka berdua berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, ‘Tidaklah suatu kaum duduk berdzikir (mengingat) Allah, melainkan mereka dikelilingi oleh para malaikat, diliputi oleh rahmat, diturunkan sakinah (ketenangan), dan mereka disebut oleh Allah di hadapan malaikat yang ada di sisi-Nya.'” (HR. Muslim, no. 2700)
  • Dari Abu Musa Al-Asy’ari radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, ‘Perumpamaan orang yang berdzikir kepada Rabbnya dan orang yang tidak berdzikir adalah seperti perumpamaan orang yang hidup dan orang yang mati.'” (HR. Bukhari, no. 6407)
  • Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, ‘Barangsiapa yang mengucapkan: Laa ilaaha illallah wahdahu laa syarika lah, lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa ‘alaa kulli syai-in qadiir, seratus kali dalam sehari, maka ia mendapatkan pahala seperti membebaskan sepuluh orang budak, ditulis baginya seratus kebaikan, dihapus baginya seratus kesalahan, dan ia terlindung dari setan pada hari itu hingga malam. Dan tidak ada yang lebih baik dari apa yang ia lakukan kecuali orang yang lebih banyak mengucapkannya.'” (HR. Bukhari, no. 3293)

Dari ayat-ayat dan hadits-hadits di atas, kita dapat mengetahui bahwa berdzikir adalah ibadah yang sangat penting dan bermanfaat bagi kita. Oleh karena itu, marilah kita berdzikir sebanyak-banyaknya dan mengisi waktu luang kita dengan mengingat Allah SWT. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan kita hidayah, taufik, dan inayah-Nya. Aamiin.

yuk baca artikel lainnya https://gas.or.id/newsartikel/

Artikel Lainnya