Yayasan Giat Aksi Sejahtera

Logo gas PNG

Manfaat Sedekah dalam Islam

Manfaat Sedekah dalam Isllam – Sedekah adalah salah satu bentuk ibadah yang sangat dianjurkan dalam Islam. Sedekah berarti memberikan sebagian harta atau bantuan kepada orang-orang yang membutuhkan, baik secara sukarela maupun wajib. Sedekah tidak hanya terbatas pada uang atau barang, tetapi juga bisa berupa senyum, nasehat, doa, ilmu, atau kebaikan lainnya.

Sedekah memiliki banyak manfaat, baik di dunia maupun di akhirat. Berikut adalah beberapa manfaat sedekah yang telah dijelaskan dalam hadist dan Al Quran:

  1. Sedekah dapat membersihkan harta dan jiwa. Allah berfirman: “Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka” (QS. At-Taubah: 103). Rasulullah SAW bersabda: “Sedekah itu dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api” (HR. Tirmidzi).
  2. Sedekah dapat menolak bala dan musibah. Rasulullah SAW bersabda: “Bersegeralah bersedekah, karena bala bencana tidak pernah bisa mendahului sedekah” (HR. Imam Ahmad). Rasulullah SAW juga bersabda: “Obatilah sakitmu dengan sedekah” (HR. Baihaqi).
  3. Sedekah dapat menambah rezeki dan keberkahan. Allah berfirman: “Perumpamaan orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipatgandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui” (QS. Al-Baqarah: 261). Rasulullah SAW bersabda: “Tidak akan berkurang harta yang disedekahkan, bahkan Allah akan menambahnya bagi orang yang bersedekah” (HR. Muslim).
  4. Sedekah dapat mendatangkan rahmat dan ridha Allah. Allah berfirman: “Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipatgandakan (ganjarannya) kepada mereka; dan bagi mereka pahala yang banyak” (QS. Al-Hadid: 18). Rasulullah SAW bersabda: “Allah berfirman: ‘Hai anak Adam, nafkahkanlah (harta bendamu), niscaya Aku akan memberikan kepadamu rezeki’” (HR. Muslim).
  5. Sedekah dapat menjadi naungan di hari kiamat. Rasulullah SAW bersabda: “Tujuh golongan yang akan mendapat naungan dari Allah pada hari tidak ada naungan selain naungan-Nya … salah satunya adalah seorang yang bersedekah dengan tangan kanannya, lalu ia menyembunyikannya sehingga tangan kirinya tidak mengetahuinya” (HR. Bukhari dan Muslim).
  6. Sedekah dapat menyelamatkan dari neraka. Rasulullah SAW bersabda: “Lindungilah dirimu dari api neraka walau hanya dengan sebiji kurma” (HR. Bukhari dan Muslim). Rasulullah SAW juga bersabda: “Barangsiapa yang memberi minum kepada orang yang haus di dunia ini, maka Allah akan memberinya minum pada hari kiamat dari telaga-Ku yang manis airnya, harum baunya, putih warnanya, mudah didapat minumnya” (HR. Tirmidzi).
Artikel Lainnya