Yayasan Giat Aksi Sejahtera

Logo gas PNG

Mustahil Doa Tertolak Di Jam Tersebut

Berdoa merupakan ibadah yang sangat penting dalam Islam. Dalam setiap waktu dan kesempatan, kita diajarkan untuk selalu berdoa kepada Allah SWT. Namun, ada waktu-waktu tertentu di mana doa kita mustahil tertolak oleh Allah SWT. Salah satunya adalah saat penghujung hari setelah Ashar pada hari Jumat.

Diriwayatkan Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda, “Pada hari Jumat, ada satu waktu di mana seorang muslim yang berdoa kepada Allah SWT dengan memohon sesuatu yang baik, pasti akan dikabulkan oleh Allah SWT. Waktu tersebut adalah saat antara Asar hingga Maghrib.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Dari hadits di atas, kita dapat memahami bahwa saat penghujung hari setelah Ashar pada hari Jumat adalah waktu yang sangat baik untuk berdoa. Disaat itulah doa kita lebih mudah untuk dikabulkan Allah SWT. Oleh karena itu, kita sebaiknya memanfaatkan waktu ini untuk berdoa dan memohon kepada Allah SWT.

Berikut ini adalah beberapa doa yang dapat kita panjatkan saat penghujung hari setelah Ashar pada hari Jumat:

  1. Memohon ampunan dan rahmat Allah SWT

“Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘anni”

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Pengampun dan menyukai pengampunan, maka ampunilah dosa-dosaku.

  1. Memohon keberkahan dan hidayah dari Allah SWT

“Allahumma barik lana fi Rajab wa Sya’ban wa ballighna Ramadhan”

Artinya: “Ya Allah, berkahilah kami di bulan Rajab dan Sya’ban dan sampaikanlah kami ke bulan Ramadhan.

  1. Memohon perlindungan dari segala kejahatan dan bencana

“Allahumma inni a’udzubika min zawali ni’matika wa tahawwuli ‘afiyatika wa fuja’ati niqmatika wa jami’i sakhatika”

Artinya: “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari hilangnya nikmat-Mu, berubahnya keadaan yang baik menjadi buruk, cepatnya datangnya bencana dan segala bentuk kemurkaan-Mu.

  1. Memohon kesembuhan bagi diri sendiri atau orang yang sakit

Allahumma yaa shafi, shafii kullah bariidhin, biyadihi shifaaun, laa syifaaa illa syifaauka, syifaaan laa yughadiru saqaman

Artinya: “Ya Allah, wahai Penyembuh, sembuhkanlah segala penyakit, dengan tangan-Mu lah kesembuhan, tidak ada kesembuhan kecuali kesembuhan dari-Mu, kesembuhan yang tidak meninggalkan suatu penyakit pun.”

Saat berdoa, selayaknya kita memperhatikan adab-adab dan tata cara yang di sunnahkan Rasulullah SAW. Kita harus memulai doa dengan memuji dan menyebut nama Allah SWT, kemudian mengirimkan shalawat kepada Rasulullah SAW. Setelahnya, kita dapat memanjatkan doa dengan penuh harapan dan keyakinan bahwa Allah SWT pasti akan mengabulkannya.

Dalam kesempatan penghujung hari setelah Ashar pada hari Jumat, kita sebaiknya memanfaatkan waktu ini untuk berdoa dan memohon kepada Allah SWT. Dengan berdoa pada waktu yang tepat dan dengan tata cara yang benar, kita akan lebih mudah meraih keberkahan dan rahmat dari Allah SWT. Semoga kita selalu diberikan kemudahan dalam beribadah dan selalu mendapatkan keberkahan dari Allah SWT. Aamiin. [tha]

Baca artikel menarik lainnya yuk https://gas.or.id/newsartikel/

Artikel Lainnya