Yayasan Giat Aksi Sejahtera

Logo gas PNG

Pahala Berkurban di Bulan Mulia Idul Adha

Bulan Dzulhijjah merupakan bulan yang sangat istimewa bagi umat Muslim. Perayaan Idul Adha menjadi penutup bulan ini, di mana umat Muslim di seluruh dunia memperingati kisah Nabi Ibrahim AS yang siap mempersembahkan putranya Ismail AS sebagai kurban atas perintah Allah SWT. Kisah tersebut kemudian mengawali kurban menjadi suatu amalan yang di anjurkan dalam Islam, terutama di bulan Dzulhijjah. Berikut beberapa pahala yang bisa di dapatkan dari berkurban di bulan Idul Adha:

Mendekatkan diri kepada Allah SWT

Berkurban di bulan Idul Adha adalah salah satu cara untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Dalam Al-Quran, Allah SWT berfirman, “Sesungguhnya salatku, ibadahku, hidupku dan matiku hanyalah untuk Allah, Tuhan semesta alam” (QS. Al-An’am: 162). Dengan berkurban, kita menunjukkan rasa taat dan ketaatan kita kepada Allah SWT.

Mengikuti Sunnah Nabi Ibrahim AS

Berkurban di bulan Idul Adha juga merupakan cara untuk mengikuti sunnah Nabi Ibrahim AS. Nabi Ibrahim AS adalah teladan bagi umat Muslim dalam hal ketaatan dan pengorbanan. Dalam Al-Quran, Allah SWT berfirman, “Dan ketika Ibrahim berkata kepada anaknya: ‘Wahai anakku, sesungguhnya aku melihat dalam mimpi bahwa aku menyembelihmu. Maka pikirkanlah apa pendapatmu.’ Dia (Ismail) menjawab: ‘Wahai ayahku, kerjakanlah apa yang diperintahkan kepadamu. Insya Allah kamu akan mendapatiku termasuk orang-orang yang sabar’” (QS. As-Shaffat: 102).

Mendapatkan Pahala yang Besar

Berkurban di bulan Idul Adha juga merupakan salah satu cara untuk mendapatkan pahala yang besar. Hadits riwayat Ahmad dan Abu Daud, Nabi Muhammad SAW bersabda, “Tidak ada satu amal yang lebih dicintai oleh Allah pada hari-hari tertentu dari pada mengeluarkan hewan kurban. Sesungguhnya hewan itu akan datang pada hari kiamat dengan tanduk-tanduknya, bulu-bulunya, dan kuku-kukunya. Dan sesungguhnya darahnya sampai kepada Allah sebelum jatuh ke tanah, maka berikanlah manfaat darinya dengan hati yang ikhlas.

Memberikan Manfaat untuk Orang Lain

Berkurban di bulan Idul Adha juga merupakan cara untuk memberikan manfaat bagi orang lain. Daging hewan kurban yang sudah di potong kemudian di berikan kepada masyarakat, terutama yang kurang mampu dan pasti membutuhkan. Dengan berkurban, kita dapat membantu mereka yang membutuhkan dan memberikan manfaat bagi orang lain.

Menghilangkan Dosa

Berkurban di bulan Idul Adha juga dapat membantu menghilangkan dosa-dosa kita. Dalam hadis riwayat Tirmidzi, Nabi Muhammad SAW bersabda, “Barangsiapa yang berkurban dengan ikhlas, maka dosa-dosanya akan diampuni sebanyak bulu-bulu hewan kurban tersebut.

Itulah beberapa pahala yang bisa di dapatkan dari berkurban di bulan Idul Adha. Selain mendapatkan pahala yang besar, berkurban juga merupakan cara untuk mengikuti sunnah Nabi Ibrahim AS, mendekatkan diri kepada Allah SWT, memberikan manfaat bagi orang lain, dan menghilangkan dosa-dosa kita. Semoga kita semua dapat melakukan amalan yang baik dan mendapatkan pahala yang besar di bulan Dzulhijjah ini. [tha]

Baca artikel menarik lainnya yuk https://gas.or.id/newsartikel/

Artikel Lainnya