Yayasan Giat Aksi Sejahtera

Logo gas PNG

Tips Agar Doa Terkabul

Doa ialah bentuk ibadah yang harus di praktekkan setiap yang beragama. Dalam Islam, doa memiliki peranan sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Saat manusia memohon sesuatu kepada Allah, maka doa-doa tersebut akan di dengar dan dapat di jawab dengan berbagai cara, sesuai dengan kehendak-Nya. Dalam artikel ini, penulis akan memberikan ‘tips agar doa terkabul’ yang dapat diamalkan setiap orang.

1. Berdoa dengan tulus dan ikhlas

Doa yang tulus dan ikhlas memiliki nilai yang sangat tinggi di mata Allah. Saat berdoa, jangan hanya sekedar meminta dan mengucapkan kata-kata yang terdengar menggugah hati. Tetapi, benar-benar pasang niat dari dalam hati bahwa Anda memang benar ingin memohon pertolongan atau kebaikan Allah. Cobalah jangan berdoa karena tuntutan atau paksaan dari orang lain.

2. Rajin berdzikir dan shalat

Dalam Islam, dzikir adalah suatu cara untuk mengingat Allah. Dalam konteks taat beribadah, rajin berdzikir dapat menjadi sarana untuk menambah keikhlasan dalam berdoa. Hal ini dapat dilakukan dengan cara mengingat nama-nama Allah atau selalu membaca dzikir setiap setelah shalat. Selain itu, shalat juga menjadi cara untuk mendekatkan diri kepada-Nya. Rajin melakukan shalat berjamaah juga dapat menambah kebersihan hati.

3. Menjaga amalan baik

Salah satu cara agar doa terkabul adalah menjaga amalan baik yang selalu terus di tingkatkan. Dalam Islam, amalan baik misalnya membantu sesama manusia, terus mengamalkan ajaran agama, membayar zakat dan sedekah secara rutin. Memiliki amalan baik dapat meningkatkan posisi kita di sisi Allah sehingga memperbesar peluang doa kita untuk terkabul.

4. Memohon ampun atas dosa dan kesalahan

Sebelum berdoa, sebaiknya kita mengintrospeksi diri terlebih dahulu atas kesalahan dan kelemahan-kelemahan yang kita miliki. Memohon ampun kepada Allah, merenung dan mengakui bahwa diri kita memiliki kekurangan, dapat menjadi doa yang paling berarti dalam pengampunan dosa. Dalam Al-Quran, surat An-Nisa’ ayat 147 menyatakan bahwa Allah menerima taubat dari hamba-Nya dan akan mengampuni dosanya.

5. Bertekad menepati janji dan bersabar

Selain doa, ketekunan dan ketepatan janji juga dapat membuat Allah membantu. Sebab, bersabar menurut Al-Quran termasuk salah satu amalan yang baik. Sebagai contoh, Anda dapat berdoa memohon kesuksesan dalam pekerjaan baru, tapi kamu juga harus memiliki tekad dalam diri untuk terus bekerja keras dan berusaha hingga tercapai kesuksesan tersebut. Bersabar juga menjadi penting ketika doa tidak segera terkabul, karena Allah akan menjawab doa yang kita panjatkan sesuai dengan waktu dan tempat yang tepat.

6. Menjauhkan diri dari perbuatan haram

Terakhir, salah satu cara agar doa terkabul yaitu menjauhi perbuatan haram. Sebab perbuatan haram, seperti minum alkohol, mencuri, atau berzina, dapat mempengaruhi kehidupan kita dan menjadi penghalang dalam terkabulkannya doa. Semua hukum Islam harus di indahkan oleh para pemeluknya, tujuannya agar diri ini terhindar dari segala bentuk perkara yang tidak di inginkan.

Demikianlah beberapa tips agar doa terkabul yang dapat kamu praktikkan dalam kehidupan sehari-hari. Secara umum, kamu harus memiliki keyakinan tinggi pada Allah dan berdoa dengan tulus hati agar menghasilkan doa yang terbaik. Namun, jika doa tidak terkabul sebagaimana yang diharapkan, teruslah bersabar dan yakin bahwa Allah memiliki rencana terbaik untukmu. [tha]

Baca artikel menarik lainnya Giat Aksi Sejahtera di https://gas.or.id/newsartikel/

Artikel Lainnya